Tanda Dan Gejala Kanker Testis Yang Tidak Boleh Diabaikan

Ketahui apa itu kanker testis, apa penyebabnya dan apa saja Tanda Dan Gejala Kanker Testis Yang Tidak Boleh Diabaikan serta ketahui juga pengobatannya.

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa tersentuh bahan kimia.

tanda-dan-gejala-kanker-testis-yang-tidak-boleh-diabaikan

Tanda Dan Gejala Kanker Testis Yang Tidak Boleh Diabaikan — Kanker testis adalah kanker yang terjadi ketika sel-sel mulai tumbuh secara abnormal pada bagian testis. Kanker testis adalah jenis kanker yang cukup langka, tapi kondisi ini paling sering menjangkiti pria pada usia 15-49 tahu.

Testis adalah organ seks pria yang berbentuk oval yang berada di dalam skrotum atau kantung kemaluan. Testis adalah bagian penting dalam sistem reproduksi pria karena organ inilah yang menghasilkan hormon testosteron dan sperma. Kedua produk dari testis ini memiliki peran yang vital dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria.

Penyebab kanker testis

Belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya kanker testis. Normalnya sel-sel sehat dalam testis tumbuh dan membelah secara teratur untuk menjaga fungsi tubuh.

Namun terkadang beberapa sel mengalami kelainan sehingga menyebabkan pertumbuhan sel mejadi tidak terkontrol dan tertimbun di dalam testis.

Hampir semua kanker testis berawal dari sel germinal, yakni sel di testis berfungsi memproduksi sperma. Namun, belum diketahui pasti apa penyebab perkembangan abnormal sel germinal menjadi sel kanker.

Gejala Kanker Testis

  • Bengkak di skrotum

Jika kamu merasa bahwa skrotum kamu bengkak, baik besar maupun kecil, maka kamu wajib melakukan tes untuk mendeteksi penyakit kanker sejak dini.

  • Benjolan yang menyakitkan

Selain pembengkakan, benjolan di testis juga wajib kamu waspadai. Sebab benjolan ini muncul disebabkan akibat pertumbuhan abnormal sel kanker.

  • Sakit punggung

Kanker testis akan membuat pria mengalami sakit punggung yang semakin lama terasa semakin buruk.

  • Nyeri perut bagian bawah

Gejala lainnya dari kanker testis adalah nyeri di perut bagian bawah yang konstan. Dan sayangnya para pria mendeteksi sebagai penyakit gastritis.

  • Sakit kepala

Sakit kepala adalah penyakit yang umum terjadi. Namun sakit kepala juga bisa menjadi tanda awal dari kanker testis jika berlangsung secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

  • Nyeri dada

Gejala lain yang tidak biasa dari kanker testis adalah nyeri di dada. Dan nyeri ini diiringi dengan sesak napas atau mudah lelah tanpa alasan yang jelas.

Pengobatan Kanker Testis

Pilihan pengobatan kanker testis tergantung pada jenis, tingkat keparahan kanker dan kondisi kesehatan anda secara keseluruhan. Pilihan pengobatan kanker testis antara lain :

  • Operasi

Tindakan pengangkatan testis merupakan pengobatan utama bagi hampir semua tahap dan jenis kanker testis. Untuk mengangkat testis anda, dokter bedah akan membuat syatan di pangkal paha dan seluruh testis melalui lubang.

Umumnya semua prosedur bedah berisiko menimbulkan nyeri, perdarahan dan infeksi.

Pada kanker testis stadium awal, pembedahan mungkin menjadi satu-satunya pengobatan yang dibutuhkan. Setelah itu dokter akan menyarankan Untuk menjalani tes darah, CT scan dan prosedur lain untuk memastikan kanker kembali atau tidak. Prosedur ini biasanya dilakukan setiap beberapa bulan untuk beberapa tahun pertama dan kemudian lebih jarang setelah itu. Bila kanker testis lebih parah maka dokter akan  merekomendasikan perawatan lain setelah operasi.

  • Terapi radiasi

Terapi radiasi merupakan pilihan pengobatan yang sering digunakan pada orang yang memiliki jenis kanker testis seminoma. Terapi radiasi juga digunakan dalam situasi tertentu pada orang yang memiliki jenis nonseminoma kanker testis. Terapi radiasi menggunakan sinar energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X, untuk membunuh sel kanker. Efek samping dari terapi ini bisa termasuk kelelahan, kulit kemerahan, iritasi pada perut, dan daerah selangkangan.

  • Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi biasanya menggunakan obat untuk membunuh sel kanker. Obat kemoterapi akan mengalir ke seluruh tubuh untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin telah berubah dari tumor. Dokter Anda mungkin menyarankan kemoterapi setelah operasi. Kemoterapi dapat digunakan sebelum atau setelah pengangkatan kelenjar getah bening. Efek samping dari kemoterapi tergantung pada obat yang digunakan. Efek samping yang umum termasuk kelelahan, mual, rambut rontok, infertilitas dan peningkatan risiko infeksi.

Nah, demikian informasi mengenai kanker testis, penyebab dan Tanda Dan Gejala Kanker Testis Yang Tidak Boleh Diabaikan serta pengobatannya. Semoga apa yang kami kutif dapat bermanfaat untuk anda.

Terus kunjungi situs https://rugbyminded.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya.

Tanda Dan Gejala Kanker Testis Yang Tidak Boleh Diabaikan

Iklan

One thought on “Tanda Dan Gejala Kanker Testis Yang Tidak Boleh Diabaikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s