Olahraga Yang Aman Bagi Ibu Hamil Bayi Kembar

Ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan. Setidaknya pada minggu pertama kehamilan, setiap hari ibu hamil harus mengambil lima menit untuk berolahraga. Namun, pada ibu hamil bayi kembar ada perawatan dan pilihan olahraga yang berbeda. Inilah Olahraga Yang Aman Bagi Ibu Hamil Bayi Kembar

Sebelumnya, selamat datang kembali di https://rugbyminded.wordpress.com yang tak lain adalah situs milik Alfian Herbal yang merupakan tempat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Di kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai pilihan olahraga untuk ibu hamil bayi kembar. Lantas apa sajakah olahraga untuk ibu hami bayi kembar? berikut informasi selengkapnya.

olahraga-yang-aman-bagi-ibu-hamil-bayi-kembar

Olahraga Yang Aman Bagi Ibu Hamil Bayi Kembar — Olahraga saat hamil anak kembar umumnya aman dan baik bagi anda, tapi anda harus membicarakannya dengan dokter atau bidan sebelum melakukannya. Anda mungkin harus lebih diawasi daripada ibu yang hanya mengandung satu anak.

Karena ukuran tubuh anda meningkat lebih cepat daripada ibu yang hanya mengandung satu anak, beberapa jenis olahraga mungkin membuat anda tidak nyaman pada kehamilan awal.

Walaupun perut Anda akan lebih besar daripada ibu yang hamil satu anak, paru-paru dapat beradaptasi dengan baik sehingga Anda tidak sulit bernafas ketika berolahraga.

Tiga bulan terakhir kehamilan anak kembar akan semakin melelahkan bagi Anda. Anda juga lebih rentan terhadap kekurangan kadar zat besi (anemia karena kekurangan zat besi) jika hamil anak kembar, yang membuat Anda lebih lelah lagi. Karena lebih dari setengah anak kembar terlahir sebelum berusia 37 minggu, sebagian besar ahli kesehatan profesional tidak menyarankan olahraga berat atau aerobik setelah 28 minggu kehamilan.

Jika Anda ingin tetap lanjut berolahraga setelah 28 minggu, bicarakan dengan dokter atau bidan sebelumnya, serta bacalah tips berolahraga dengan aman sebelum mulai.

Jenis Olahraga untuk ibu hamil bayi kembar

  • Yoga

Yoga adalah cara lembut dalam mempertahankan kebugaran, yang mungkin juga membantu melenturkan dan membentuk otot. Hindari posisi berdiri terbalik dan gerakan apapun yang mengharuskan Anda berbaring menelungkup, terutama setelah 16 minggu karena mungkin mengurangi aliran darah menuju rahim.

Jangan pernah memaksakan diri dalam posisi yoga apapun atau meregangkan tubuh, terlebih selama meregangkan otot perut. Anda mungkin harus mengubah beberapa posisi bila mengalami sakit punggung atau pelvis.

Sebagian besar guru yoga menyarankan mulai mengikuti kelas yoga pada kehamilan trimester kedua, setelah 14 minggu. Setelah 28 minggu, beberapa posisi mungkin terasa tidak nyaman untuk dilakukan. Anda harus memeriksa apakah dokter dan guru yoga memang mengizinkan Anda untuk melanjutkan kelas berikutnya.

  • Berjalan

Selama Anda merasa nyaman, dan tidak menderita nyeri panggul atau punggung, berjalan merupakan jenis latihan yang baik selama hamil. Berjalan membantu Anda tetap bugar tanpa mengalami cedera lutut dan pergelangan kaki, praktis, dan tanpa biaya.

  • Pilates

Olahraga ini akan membantu ibu hamil menemukan otot dasar panggul untuk kontraksi yang baik. Ibu hamil bayi kembar yang melakukan pilates juga dapat mengatur pernapasan yang baik.

  • Latihan otot panggul bawah

Karena beban tubuh Anda semakin berat dan karena Anda memiliki lebih banyak hormon kehamilan dalam sistem tubuh, Anda mungkin ngompol saat batuk atau bersin. Melatih otot panggul bawah secara teratur bisa membantu mencegah atau mengobati masalah ini.

Jika masalah belum teratasi, tanyakan bidan atau dokter untuk mencari tahu fisioterapis yang tepat.

  • Kelas berenang dan aquanatal

Berolahraga di air akan membuat Anda lebih nyaman daripada olahraga lainnya, karena air membantu menopang berat badan tambahan. Air menopang sendi dan ligamen saat berolahraga, melindungi Anda dari cedera. Berenang mungkin juga meredakan bengkak dan ketidaknyamanan karena pembuluh varicose, yang umum terjadi dalam kehamilan anak kembar.

Jika Anda menderita sakit punggung atau panggul, bicarakan dengan bidan atau fisioterapis sebelum mulai berenang. Bila gaya dada terasa tidak nyaman, tanyakan tentang gaya berenang atau olahraga dalam air alternatif. Namun, bergerak dan berjalan di dalam air merupakan jenis olahraga yang baik, dan mungkin membantu mengurangi sakit dan nyeri. Tanyakan komunitas ibu hamil atau gym terdekat mengenai kelas senam hamil di air, dan beri tahu instrukturnya bahwa Anda hamil anak kembar.

BACA JUGA >> Hal Yang Menyebabkan Wanita Berisiko Tinggi Mengalami Keguguran

Nah itulah Olahraga Yang Aman Bagi Ibu Hamil Bayi Kembar yang bisa anda coba. Semoga apa yang kami kutif dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru anda. Terima kasih sudah berkunjung.

Olahraga Yang Aman Bagi Ibu Hamil Bayi Kembar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s